Belajar Berdamai dengan Keadaan (Baduy)

Karena belajar ga harus di ruang kelas, ga harus sama orang pinter. Apalagi sok pinter. Dalam perjalanan lo bisa belajar, bisa diterima alam semesta sama dengan lulus menjadi manusia.

Kanekes

Jamaah, oeyyy jamaahhhhh~
Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Tuhan YME, dengan kehendaknya kita bisa saling berbagi, walau hanya berbagi cerita lewat blog ini. Kali ini ustadz mau cerita silaturahmi ustadz #KeBaduy. Sebelumya ustadz mohon maaf banget harus nyekip cerita explore NTB ustadz. Ustadz emang agak suka kealih gitu, tapi ustadz ga gampang ke alih kok kalo udah sama ukhti. #ELUS JENGGOT

Mengunjungi suku baduy itu cita-cita gue sejak sebelum lahir dan baru kesampean taun lalu. Ga nanggung-nanggung satu tahun kebelakang gue udah 5 kali ke Baduy. *BERASA ORANG BADUY LUAR HAHAH..! EMANG IYA

Kalian kalem aja, ini bukan perjalanan galau gue lagi. Kali ini gue bener-bener berasa jadi travelmate idaman, percaya gapercaya terserah kalian. Selama di baduy banyak cewek yang minta gue gandeng. Rata-rata mereka gandeng gue erat-erat, karena mereka butuh pegangan. Pegangan hidup! Tapi gue bingung, setelah sampe jakarta ga ada satupun yang minta gandeng. SEMPAK!

Continue reading

Advertisements

Cobain hal baru di tempat baru [ntb day 3]

70

Halo mbel apakabar.

Gue mau lanjutin cerita di bumi nusa tenggara setelah cerita Kebo dan Pulau Lombok kemaren.

Jadi ini hari ketiga gue di pulau lombok, hari dimana gue dari selong (tempat gue numpang) melakukan perjalanan kebarat untuk mengambil kitab suci JENGJENG! Ini benerenan perjalanan kebarat mbel, perjalanan gue hari ini bakal berakhir di kota mataram yang letaknya lebih barat dari selong.

Et dah mbel, lu jalan kemana sih?

Muehehe sabar mbel, jadi hari ini gue jabanin kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani sampai kota mataram. Nah di perjalanan hari ini gue dapet wisata alam, wisata rohani, sampai yang namanya wisata birahi MYAHAHAHA.

Nah trus mana aja tu destinasinya?

Makanya baca sampe abis gembellllllll

Gue berangkat dari selong bareng duo teman absurb. Namanya dimas yang kek paman dolit sama pras yang entah udah berapa abad dia galau akut. Ke Taman Nasional Gunung Rinjani gue jalan pake motor. Nah..destinasi pertama gue hari ini adalah pusuk.

Continue reading

“12ribu” Menuju Tanah NTB

Menuju nusa tenggara

Halooo Traveler yang budiman..
Mbel..gembel.. Kali ini gue bakal cerita trip gue menuju NTB mbel. Sebagai #kostpacker alias anak kostan yang sok iye jalan-jalan, ini merupakan perjalanan terjauh gue sampe umur gue saat ini 18tahun. Itu diluar gue trip ke raja ampat bareng SULE, ke sabang bareng 7ICON, trus ke maldiev bareng SAHABAT NOAH. #DHUARR boong banget. Gue mau jelasin juga apa maksut gue ngepost hastag #ntb12ribu di account twitter gue @fafauzan.

Makdus gue bikin hastag #ntb12ribu untuk trip gue ke ntb itu bukannya gue ngetrip cuma habis 12ribu, tapi pada dasarnya karena keadan. Yah keadaan.. jadi miris gitu ya kalo ngomongin keadaan. Tapi ini realita yang ada mbel, hingga H-1 trip uang gue tinggal 12ribu. Belom lagi sorenya gue diajak futsal sama tetangga pelo trus gue harus patungan 6ribu, jadi uang gue tinggal 6ribu. Ga lucu juga kan kalo gue ganti hastag trip gue jadi #ntb6ribu.

Walaupun gue cuma ada duit 12ribu gue tetep bisa sampe banyuwangi karen tiket kereta sritanjung jogja-banyuwangi sudah ditangan beberapa bulan yang lalu. Dengan catatan gue ga jajan makanan dan bisa tahan laper, ga kebelet boker ga beser dan ga mandi di toilet umum soalnya itu bakalan bayar.

Karena gue percaya meyakini Tuhan bersama para gembel dan selalu memberikan keajaibannya kepada para gembel, gue yakin banget gue tetep bisa berangkat ke tanah NTB walau duit gue cuma 12ribu-buat patungan futsal. Malam itu juga gue bikin nadzar kalo gue bener-bener bisa menginjakkan kaki di tanah NTB. Jadi kalo gue bisa menginjakkan kaki di tanah NTB dengan cara apapun itu gue bakal foto kayang di pelabuhan lembar. Autis ga sih?

Continue reading

Hitchhiking Pacitan

Pacitan

Halooooo mbel..gembel
Ihikk.. sebenarnya trip ini udah lumayan lama mbel, dipertangahan tahun 2012an kayaknya. Pokoknya sebelum gue jadi mahasiswa, sebelum muka gue jadi kayak gini, sebelum gue pake hp cina yang satu ini.

Jadi gini, perjalanan ini gue mulai naek kereta pramex. Pake duit 10ribu dari stasiun tugu jalan ke stasiun balapan solo. Nah baru dari stasiun balapan gue jalan kaki ke terminal tirtonadi buat naek bus ke pacitan. Selama 4jam Gue bayar 18ribu naek bus ekonomi. Bus nya tu rasanya ekonomi banget mbel. Lo bisa bayangin bus ini tiap jendelanya udah kegantung tas kresek. Buat apaan tas kresek? buat kantong muntah! Driver nya ngebut gitu di pegunungan, trus banyak penumpang yang muntah. Trus jadi aneh gitu bau bus nya #HIYEK.
noted: gue bangga mbel dengan gantengnya gue berhasil lewatin cobaan ini tanpa muntah. SUMPAH!!!

Sebenarnya sih kalo dari jogja ke pacitan ada jalur laen yang lebih cepet. Lo bisa naek bus ke wonogiri trus dari wonogiri lu nyambung ke pacitan.

“nah lo ngapain pake kereta fa?”

Salah satu nilai plus naek kereta pramex itu lo bisa liat mbak-mbak cantik mbel, kalo lo beruntung lo bisa dapet kenalan gitu, trus lo bisa ngobrol gitu, trus lo bisa cipokan gitu.. MUEHEHEHE

Sesampainya di terminal pacitan gue makan di tempat kayak angkringan gitu deh pokoknya. Setelah itu gue jalan kaki ke alun-alun pacitan. Gue cobain minuman semacem ronde gitu kalo di jogja. Trus nama tu minuman kocak abis mbel. Gue lupa namanya tapi kocak deh namanya. “begoooo!!”

Continue reading

Catatan Nggembel 2012

SAM-LE-KOM~

2012

2012

Banyak orang bilang tahun 2012 itu tahun naga (emang lo pikir naga indosiar) Ga mau tau tahun 2012 itu menurut gue tahun gembel. iya fix! 2012 tahun gembel. *ngomong sama tangan*
tapi emang bener man gue ga boong.. 2012 itu banyak banget orang nge gembel. komunitas bekpeker yang notabene pengalihan isu tentang gembel berkedok komunitas pun mulai menggeliat geliat #augghhttt.
cewek cewek pun mulai ga gengsi lagi buat nenteng ransel. Tak di sangka man 2012 gembelwati banyak yang membuka hatinya pada gembelawan ( tapi tetep aja belum ada yang membuka hatinya buat gue ) *fnegfe49ti4ty32c ty82t1c t31~*

“lo kebanyakan ngoceh fa”
“selow man selow..”

jadi keberadaan gembelwati ato pasangan lo di dunia per gembelan itu penting man. #UHUK
Jalan jalan lo bakal lengkap dengan keberadaan mereka. lo bakal di semangatin buat jalan, romantis gitu, ada yang kawatirin gituuu, ada yang ngangenin gituuuu *lah lo kan jomblo fa? | #PFFFTTT*
Apalag~………….

“ETTTTTT DAHHHHHHHHH ………..!!!!”
“iyeee iyeee man.. ampun man gue crita man crita”
#sssttt ntar laen kali aja deh man gue corcol pentingnya itu tu …. buat seorang gembel

Jadi ini beberapa destinasi gue sebagai seorang gembel berusaha 18 tahun di tahun 2012.
“WHAT? kamu 18 tahun? brondong dong?”
“ehe iya tante ”

eh tapi sebelumnya gue mau kasi bocoran dulu ni trip pembuka gue di awal tahun 2013..

berkelana di nusa tenggara

berkelana di nusa tenggara

hayo pa hayooo? nyoh >>  “12ribu” Menuju Tanah NTB ntar ada berpart part gitu deh ceritanya.

oh iya ini ni destinasi gue selama 2012 cekidot

Continue reading