“12ribu” Menuju Tanah NTB

Menuju nusa tenggara

Halooo Traveler yang budiman..
Mbel..gembel.. Kali ini gue bakal cerita trip gue menuju NTB mbel. Sebagai #kostpacker alias anak kostan yang sok iye jalan-jalan, ini merupakan perjalanan terjauh gue sampe umur gue saat ini 18tahun. Itu diluar gue trip ke raja ampat bareng SULE, ke sabang bareng 7ICON, trus ke maldiev bareng SAHABAT NOAH. #DHUARR boong banget. Gue mau jelasin juga apa maksut gue ngepost hastag #ntb12ribu di account twitter gue @fafauzan.

Makdus gue bikin hastag #ntb12ribu untuk trip gue ke ntb itu bukannya gue ngetrip cuma habis 12ribu, tapi pada dasarnya karena keadan. Yah keadaan.. jadi miris gitu ya kalo ngomongin keadaan. Tapi ini realita yang ada mbel, hingga H-1 trip uang gue tinggal 12ribu. Belom lagi sorenya gue diajak futsal sama tetangga pelo trus gue harus patungan 6ribu, jadi uang gue tinggal 6ribu. Ga lucu juga kan kalo gue ganti hastag trip gue jadi #ntb6ribu.

Walaupun gue cuma ada duit 12ribu gue tetep bisa sampe banyuwangi karen tiket kereta sritanjung jogja-banyuwangi sudah ditangan beberapa bulan yang lalu. Dengan catatan gue ga jajan makanan dan bisa tahan laper, ga kebelet boker ga beser dan ga mandi di toilet umum soalnya itu bakalan bayar.

Karena gue percaya meyakini Tuhan bersama para gembel dan selalu memberikan keajaibannya kepada para gembel, gue yakin banget gue tetep bisa berangkat ke tanah NTB walau duit gue cuma 12ribu-buat patungan futsal. Malam itu juga gue bikin nadzar kalo gue bener-bener bisa menginjakkan kaki di tanah NTB. Jadi kalo gue bisa menginjakkan kaki di tanah NTB dengan cara apapun itu gue bakal foto kayang di pelabuhan lembar. Autis ga sih?

tweet nadzar

H-1 Sebelum berangkat

nadzar

respon

hermn

yang ini koplak

Daaaaannnnnnnnnn… Tuhan kembali bersama gembel kek gue. Beberapa jam sebelum berangkat gue bisa senyum, gue dititipin rejeki sama malaikat berkoper besar. Itu artinya gue sedikit bisa bernafas lega menuju tanah NTB. Gue ga takut laper, ga takut kebelet boker, ga takut pengen mandi walaupun ujung-ujungnya gue tetep ga mandi. Dengan keterbatasan yang ada gue harus bisa jalan-jalan, hidup selama dilombok trus mau ga mau pokoknya duit segitu gue harus bisa pulang ke Jogja.

Gue naek kereta Sritanjung dari stasiun lempuyangan, ini satu-satunya kereta ekonomi dari jogja yang tujuannya ke banyuwangi. Bayangin mbel dengan 35000rupiah lo bisa mengarungi jarak 614km. Jadi tiap kilometernya lo cuma bayar sekitar 57rupiah. “Kurang murah fa, kurang murah..!” Kurang murah buapakmu.!!!

on the train

Kereta ini berangkat jam 07.30 dari jogja, trus rutenya ke surabaya dulu baru jalan ke selatan arah banyuwangi. Gue sampe distasiun banyuwangi baru sekitar jam 21.30. Jadi kira-kira 14jam an gitulah perjalanan naek kereta sritanjung. Bayangin mbel 14jam.. Lo kalo nyuci kancut di kereta trus lo jemur bakalan bisa kering, mau lo pipisin lagi tu kancut trus lo jemur juga bakal kering lagi Muehehe. Oh iya kalo lo naek kereta ini jangan lupa beli nasi rames yang 3ribuan di sekitar madiun sama roti goreng serebuan waktu di sidoarjo, rotinya gede gilak. Ini trik gue biar irit tapi tetep kenyang.

Sampe di stasiun gue jalan kaki ke pelabuhan ketapang buat nyebrang ke pulau bali. Stasiun sama pelabuhannya ga jauh kok, lo tinggal keluar kejalan besar trus belok kanan. Pake duit 6ribu lo bisa nyebrang ke gilimanuk plus dapet hiburan musik dangdut koplo selama sejam full. SERRR..ASEK..ASEK..JOSH..JOSH..EAA..EAA!!

e-ticket ketapang

Gue sampe di pelabuhan Gilimanuk Bali sekitar jam 01.00WITA. Disini gue bermalam di mushola pelabuhan, gue pikir diluar pelabuhan gue pasti bakalan susah cari tempet ngemper yang gretongan kayak gini. Sedikik tips buat kalian yang mau bermalam disini, jangan lupa pake selimut ato semacemnya kek sarung gitu, soalnya entah kenapa di musholanya tu banyak lalat padahal tu mushola ga bau trus ga jorok juga. Pokoknya lalatnya ganas gitu kek nyamuk mana gedhe gitu, segedhe jerawatnya mantan lo gitu deh.

Tidur gue semalem itu sebenarnya salah besar mbel, gue jadi ketinggalan bus langsung gilimanuk – padangbai. Bus langsung ke padangbai itu terakhir berangkat jam 5pagi waktu Bali. Nama busnya tu Lisa ongkosnya 50ribuan, kedengeran seksi trus mesum gitu kan nama busnya? iya seksi.. Lisa itu Lintas Samudra mbel.

Karena gue bangun jam 7pagi, gue harus ngluarin receh agak banyakan. Gue naek bus dulu ke ubung selama 4jam an gitu ongkosnya 25ribu. Nah baru dari terminal ubung gue nyambung minibus biadab gitu ke padangbai. Kenape biadab, ditengah jalan maen berenti trus minta uang tambahan. Jadi ongkosnya 45ribu, plus cekcok sama sopirnya. FAK!

kondisi bus gilimanuk-ubung

terminal ubung bali

didalam engkel

epenampakan minibus

penampakan minibus

Sedikit obat sakit hati, waktu gue sampe di bali pas banget bertepatan sama hari raya saraswati. Jadi gue bisa lirik sana sini liatin cewek bali pake kebaya sama kemben gitu, sumpah itu cakep banget buat nemenin perjalan gue menuju pelabuhan padangbai.

Tiket nyebrang dari padangbai ke lembar 36.000. Oh iya mbel.. kalo laper beli makanan dulu sebelum naek ke kapal, harga makanan di atas kapal rata-rata lebih mahal 2kali lipat. Gue selangkah lagi menginjakkan kaki di tanah NTB. Gue 5 jam berada di kapal, ini pengalaman pertama kali gue naek kapal yang lumayan lama. Kalo ombak pas ga bagus bisa lebih lama lagi. Selama 5 jam lo bisa potekin upil dihidung lo sampe korengan, kalo udah abis potekin aja upil sebelah lo.

Karena ini pengalaman pertama gue nyebrang ke NTB jadi gue ga mau tidur, gue ga mau lewatin moment sekecil apapun. Orang yang tidur pasti banyak kehilangan moment. Yang tidur pasti ga bisa liat sunset kek, sunrise kek, sunblok kek, lumba-lumba kawin kek cuma gara-gara merem doang. Rugi kan?

Di sebelah kanan dan kiri kapal, gue di suguhin pemandangan gugusan pulau kecil dari kejauhan. Gue juga sempet liat ikan hiu sayang gue gagal jepret tu hiu. Istimewanya lagi gue juga disuguhi sunset yang ga kalah kece.

Kapal

Tempat santai di dek kapal

view dari kapal

belom mandi berapa hari?

sunset

5menit kemudian

beberapa saat

dan

beberapasaat

beberapa saat kemudian

Finally, gue berharap. gue bisa berdua liatin moment ini sama kamu nanti eaaa

Finally, gue berharap. nanti gue bisa berdua liat moment ini sama kamu eaaaa

Touchdown..!!! Gue akhirnya menginjakkan kaki secara langsung di bumi Nusa Tenggara untuk pertama kalinya. Jujur gue seneng banget tapi dibayang-bayangi kecemasan. Gue panik mbel gimana gue menunaikan nadzar di pelabuhan kalo keadaannya masih rame gini. Entah faktor euforia atau schizofrend gue yang keluar akhirnya gue menunaikan nadzar gue.

Gue menunaikan nadzar kayang gue di kantor dinas pariwisata provinsi NTB pelabuhan lembar. Gue ditanya-tanyain gitu deh ama bapak dinas yang masi pada ramai ngantor, berasa agak keren gitu pas gue bilang gue dari jogja. Gue di izinin foto sepuasnya sama bapaknya. Bapak-bapak yang ada di kantor itu ga nyangka kalo gue foto dengan posisi kayang. Gegara itu gue jadi dapet julukan baru dari bapaknya “seniman kenthir jogja” hahaha. Masih ada lagi gue juga dipesen jangan lupa minum obat sama bapaknya Muehehe

kayang

Ini perjuangan gue menuju bumi nusa tenggara. Sebuah perjalanan, sebuah cerita yang ga bakal lo dapet kalo lo cuma diem di kamar maenan hp twitteran, bbman ato jadi kutu buku baca in textbook sampe kutuan bener. Tetep ikuti perjalanan gue selanjutnya menyusuri keindahan di pulau lombok.

follow  my twitter  @fafauzan

7 thoughts on ““12ribu” Menuju Tanah NTB

1. gue berangkat dari solo-gili trawangan total 190ribu aja loh! syok sih karena pengalaman pertama backpacker dan modal nekad. sambung menyambung dari kereta, kapal, bis, kapal lagi, apv yang dijadiin angkutan umum, public boat.