Cerme Cave, hidden beauty di selatan kota jogja

You know,” he said, “I wish you could see this cave.”
“What’s it like?”
He paused. “It’s…beautiful, really.”
“Tell me.”
And so Po described to Katsa what hid in the blackness of the cave. and outside, the world awaited them.”
-petikan cerita Kristin Cashore, Graceling – 

Sebenarnya ini trip dadakan karena gw gagal nonton pesta lampion di borobudur dikarenakan suatu hal yang tak perlu panjang lebar gw ceritain disini. kenapa dadakan? karena gw ga banyak mikir buat jalan ke tempat yang satu ini. otak cerdas gw bekerja dengan cetar cetar.

Goa yang satu ini letaknya cukup dekat dari  jogja. jaraknya sekitar 22 km dari pusat kota jogja. dengan motor belalang tempur nan kece 45 menit gw udah sampe di tempat ini. itupun pake acara salah jalan. mungkin1,5 jam naek andhong, 2 jam naek sepeda, 10 menit naek helikopet. tapi maaf gw ga tau kalo ngesot makan waktu berapa lama. boleh di coba !! trus report ya ke gw berapa lamaaaa. nah, semisal kalian mau ke tempat ini naek kendaraan umum memang agak susah tapi ga susah susah juga buahahaha. intinya dari terminal giwangan cari bus jurusan imogiri, abis turun imogiri trus lanjut terbang pake ojek sampe ke mulutnya goa.

tiket masuk pun terbilang bersahabat buat para gembel seperti gw. cukup dengan 2250 rupiah per orang kita udah bisa masuk ke area ini. itupun udah termasuk asuransi. bener bener bersahabat kan?
untuk masuk ke goa yang panjangnya mencapai 1,2km ini lo bisa masuk sendiri *itu kalo berani ato di temenin pemandu alias bapak guide. tapi sekedar saran sebaiknya kalo mau masuk lebi baik lo minta di temenin guide. biar kalo takut ntar bisa peluk guide nya.

tiket 2250 include asuransi

bukan karena apa apa, di dalam goa ada banyak goa *nah loh goa didalam goa?* belom lagi banyak persimpangan yang menyesatkan. jadi lebih aman kalo pake guide. untuk bayar guide butuh rogoh kantong 30.000 rupiah per grup. jangan lupa bawa temen yang banyak biar bisa patungan bayar guide nya, mau masuk 3 orang 15 orang 20 orang bayarnya sama aja. mungkin 1000 orang juga bakalan sama kali yak. SEWU MBAH MU !!!

oh iya sebelum masuk ke goa gw disuguhin view yang indah. jadi letak goa ini ada di tempat yang cukup tinggi. jadi setau gw goa ini ada di ketinggian 600m diatas permukaan air laut mannn. gw bisa liat view indah di bawah bukit, hamparan sawah rumah rumah penduduk dan orang lagi mandi pokoknya indah. sekarang kalo ngaku cerdas coba imajinasikan apa yang gw liat. sejak hitungan ketiga dimulai yaaa, satuuuu.. dua.. tigaa.. !!! selamat berimajinasi

view ajib

jadi air dari dalam goa jadi sumber penghidupan warga

Jangan bayangkan kalo di dalam goa PLN udah masuk, trus ada lampu disko warna warni yang menerangi sepanjang perjalanan. jadi persiapkan diri lo baik baik bawa senter ato penerangan laen . misal pale bokap lo yang botak noleh juga buat penerangan.walaupun di sana ada persewaan penerangan alangkah lebih baik bawa sendiri. itung itung kan bisa irit 3000perak bisa buat nabung untuk beli helikopter. oh iya jangan lupa bawa baju ganti beserta KANCUT nya. Jelas lo bakal basah basahan disini. jangan sampai pulang pulang cuma pake baju tapi telanjang ga pake celana.

next next… kesan mistis terasa, bulu kuduk gw seketika berdiri ketika  gw akan memasuki mulut goa. menurut info dan cerita yang gw korek dari bapak guide yang kece, dulu nya tempat ini menjadi tempat berkumpulnya para wali untuk merencanakan berbagai hal. salah satunya adalah pembangunan masjid agung demak. ada lagi nih cerita, jadi di dalam goa ceritanya ada tempat untuk bertemunya kerabat kraton dan ratu selatan.

seiring waktu berjalan tempat ini sudah lama di jadikan tempat bertapa atau meditasi untuk mencari ilmu ilmu kejawen bahkan pesugihan. di sudut mulut goa terdapat sesaji berupa bunga yang menambah kesan mistis goa ini. untung gw di temeni bapak guide yang selalu tersenyum setelah gue mau pake jasanya *tadi nya cemberut mulu*

sesaji bunga mawar

ups kembali ke topik kesan pertama gw ketika masuk goa adalah antara takjub dan super duper ngeri. gelap woi gelap, tapi teningggg sedikit tips untuk mengurangi  phobia gelap kalian bisa nyanyiin lagunya tasya yang imut imut. “Jangan takut akan gelap.. karna gelap melindungi diri kita.. nana nanaa nanaaa~~” semoga membantu. #GARING AKUT

gw juga  terkesan akan shine of heaven dari goa ini, mirip mirip goa Jomblang lah. sayang kamera yang gw pake kurang support dan ambilnya buru buru. perasaan ada yang ngikuti waktu itu. memang butuh nyali untuk menyusuri goa ini. kegelapan dan suasana goa yang “WAOW”menjadi tantangan tersendiri. namun gw ga rugi ke indahan goa ini semakin menjadi jadi setelah gw udah berjalan sekitar 15menit. stalagmit dan stalagtit tumbuh dengan indahnya. dan akhirnya gw bertemu dengan zam zam cerme, disini juga salah satu tempat untuk ritual. ceritanya ni air yang ada disini ga pernah abis sejak dahulu kala. kalo ga percaya cobain aja kokop air disitu sampe abis.

shine of heaven

zam zam cerme

berjalan lagi sambil ber doa dalam hati juga dengan konsentrasi full, supaya ga tersandung batu yang ada di bawah. bapak guide yang senyum mulu abis di kasi duit menjelaskan dengan detail apa yang ada didalamnya. sesekali desahan terbentur batu keluar dari mulut gw. rasanya jangan di tanya pasti atit banett

kan udah gw bilang awal tadi *bagi yang nyimak* di dalam goa ini banyak tempat dan goa goa di dalamnya. Setiap tempat udah dikasih nama sendiri sendiri jada tenang aja ga bakal rebutan. sebagai pendengar yang baik paling tidak gw masih inget apa yang di bilang bapak guide yang sadap. ni bukti ingatan gw masih normal di dalam ada nama naman seperti Panggung Pertemuan, Air Zamzam, Mustoko, Air Suci, Watu Kaji, Pelungguhan atau Paseban, Kahyangan, Grojogan Sewu, Air Penguripan, Gamelan, Watu Gilang, Lumbung Padi, Gedung Sekakap, Kraton, dan Watu Gantung.

watu mustoko

watu mustoko, jadi konon katanya dulu di tempat ini ada batu yang berbentuk layaknya seperti kubah. namun entah kenapa sekarang batunya udah ga ada lagi di tempat itu.

stalagtit bercahaya

jadi stalagtit dan stalagmit yang ada di goa cerme ini banyak yang bisa bercahaya. kalo kita arahkan sinar senter ato cahaya ke arahnya maka mereka akan mengeluarkan cahaya yang indah layaknya mutiara. warga sekitar sering menyebutnya dengan sebutan watu lintang artinya batu bintang.

watu lintang

jangan kaget jangan panik tetep style garang dan preman ketika kalian akan bertemu dengan tempat dimana jarak antara atap goa dengan permukaan air tampak sangat pendek  dan kalian akan merangkak layaknya napi kasus pencurian kancut sobek. jadi peran bapak guide bakalan terasa benar ketika kita akan melewati bagian bagian yang rumit seperti ini.

bapak pemandu yang gagal narsis

grojokan sewu

salah satu yang gw bener bener takjub adalah grojokan sewu ini. di dalem goa cerme ada beberapa air terjun yang indah. yaini ni salah satunya.

watu gamelan

jadi dulu sunan kalijogo maen band disini. menciptakan berbagai macam karya seni sair sair yang sampai saat ini masih dikenal oleh masyarakat.

batu bunyi

gw juga heran batu ini gw pukul mengeluarkan bunyi semacem kenthongan *gw udah buktiin sendiri*. beda dengan batu batu yang di sekitarnya yang kalo di pukul ga bunyi dan cenderung membikin tangan sakit. nahh kata pak guide dulu batu ini di pake para wali untuk tanda berkumpul. sedang ada dimanapun mereka karena ikatan batin atau apa mereka bakal kumpul kalo batu ini di pukul. Keren yahhh!

goa kraton

hmm ini nih tempet yang bikin gw mrinding se mrinding mrinding nya. lagi asik menikmati air yang mengucur dari atas ehhh kata pak guide ini salah satu tempat bertemunya kerabat kraton dengan ratu selatan.

ujung goa

ujung goa

dan setelah berjalan di dalam perut bumi sekitar 1jam 45 menit akhirnya keluar juga gw dari mulut goa. lega rasanya keluar setelah menikmati keindahan di dalam goa. Terimakasih Tuhan kali ini Kau telah memberiku kesempatan untuk melihat ciptaanMu yang ada di dalam perut bumi. sebuah pengalaman baru sejenak menikmati kegelapan jauh dari silaunya hingar bingar dunia.

sampa jumpa lagii….

follow  my twitter  @fafauzan

9 thoughts on “Cerme Cave, hidden beauty di selatan kota jogja

  1. Pingback: Catatan Nggembel 2012 | WOAAA !!!

    • huehehe ntar gue coba benerin gambarnya. lagi cari sekretaris pribadi nih yang cantik gituu, yang ngertiin gue gitu, yang kece gituu, yang jomblo gitu, yang bisa bantu gitu, yang #PLAKKKKKK.
      Buahaha siap!!! ajak gembel yang laen mannn kasih tau yang laen kalo jogja never endih keceh
      postingan pacitan dah jadi nohh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s