Sempu Island, asin pun terasa manis

segoro anakan pulau sempu

kali ini gw punya kesempatan dan sedikit receh buat jalan ke pulau sempu, pulau yang sebenarnya udah sejak lama gw idem idemin buat gw sambangi. maklum lah gw bisa jalan kalo gw punya receh, jadi kalo punya dolar sekali pun tetep aja ga bisa jalan *bego lu fa!*.

lanjut…  jadi baru kali ini ni gw bisa jalan dan ada kesempatan ke sempu. dan taukah kalian??? jalan ke pulau sempu ini merupakan perjalan ke luar jawa, betapa tidak.. pulau ini di jangkau dengan nyebrang naik kapal titanic dari pulau jawa jeng jeng…. walaupun ga begitu lama nyebrangnya tetep aja gw bilang ini perjalanan ke luar jawa.

perjalanan gembel gw seperti biasa dimulai dari kota tercinta Yogyakarta. lagi lagi kereta ekonomi menjadi favorit dalam setiap perjalanan gw. kali ini gw naik kereta ekonomi GBM, nih yang belum tau gw kasi tau ya GBM itu Galau Baru Malam eh sori salah Gaya Baru Malam maksudnya.

naek dari stasiun lempuyangan jogja jam 21.40 dan sampe surabaya sekitar pukul 3 dini hari. kereta ini mengantarkan kita ke surabaya dengan tarif flat 33.500 waoww betapa indahnya berpergian dengan cost yang seminimal mungkin. bener bener kereta rakyat, segala lapisan masyarakat bisa menikmatinya tak terkecuali gw sebagai rakyat paling imut di negeri ini.

sesaat sebelum berangkat #st.lempuyangan

membuat kegaduhan di tengah malam

setelah berada di dalalam kereta yang istimewa tak terasa kita sampai di surabaya. kali ini kita ga turun di gubeng tapi turun dengan ganteng di st wonokromo. soalnya gw dan temen temen mau di ajak istirahat dulu di salah satu rumah temen BPI surabaya yang berada di deket komplek Masjid Agung Surabaya.

ga lama setelah sampe tempat istirahat gw sholat subuh dan pergi lagi ke st pasar turi untuk menjemput satu kawan yang seharusnya satu kereta dengan kita. namun dikarenakan jiwa ontime orang yang satu ini sudah tertanam dalem dalem di jiwanya jadi apa daya si norumi akhirnya ketinggalan kereta, betapa tidak ontime sodara sodara sekalian.. kereta berangkat jam 12.30 dia juga dateng di stasiun jam 12.30

walhasil waljumuah norumi hanya tertunduk lesu melambaikan tangan melihat keretanya berangkat duluan di depan matanya ketika dirinya masih berada di dalam kereta comuternya. bukan seorang bekpeker kalo lelet mikir *kadang sih*, akhirnya doi naek kereta selanjutnya dengan bantuan pahlawan calo ber mata hijau untuk dapet tiket ke surabaya. oh iya untuk jemput norumi gw di bonceng kak anggar dan kak deny andrean. kebut kebutan ala genk motor permirsa *yang boncengin 2 orang bener tuh?*

kita ga lama lama istirahat.. gw udah booking bus House of Sampoer*na buat nganterin kita city tour keliling surabaya secara GRATISSS !!!! iyeeee beneran gratis.. tau sendiri gembel seperti gw harus siasati perjalanan supaya bisa se irit mungkin.

kita harus nyegat bus di depan care*four jam setengah 8 pagi untuk pergi ke House of Sampoer*na. satu lagi gw dalam posisi belum tidur sekejap pun membuat badan serasa melayang. di masa masa nungguin bus sedikit cobaan menerpa ketika gw kebelet pup, oh nooooo  panas dingin otak gw waktu itu. untung gw bisa stay cool  mengendalikan situasi dan perasaan terdalam itu hilang juga. sampe akhirnya kita naek bus dengan ongkos 3000 rupiah.

di dalam bus menuju house of sampoerna

Setelah turun dari bus kita harus lari lari an ngejar waktu agar ga ketinggalan bus. dan gw sendiri lari terbirit berit dengan membawa carier segede kulkas dua pintu, fufufu betapa indahnya dunia. WHAT THE GEMBEL !!! akhirnya kita juga mengalami kejadian ketinggalan bus yang tragis seperti kawan kita si norumi.

gw udah sampe di House dan melambaikan tangan dengan senyum ke arah sopir bus berharap kita masi bisa masuk, tapi yang terjadi sopir dan bus nya lewat depan gw tanpa membukakakan pintu. 1 lagi sopirnya tersenyum licik di dalam bahhhhhh.. WHAT THE JAN*CUK !!! kekecewaan ini gw lampiasin dengan mandi + bok*r di toilet museum yang gw bilang istimewa. lagi lagi gw cari yang gratisan.

yang terjadi kita explore museum House of Sampoer*na sepuasnya sebagai ganti kekecewaan tragedi tadi. didalem banyak barang menarik beserta sejarahnya. yang paling menarik menurut gw, disini kita bisa lihat proses pelintingan rokok DJI SAM SOE secara langsung, seperti melihat robot hidup tangan mamennn, para pelinting cantik bergerak dengan cepatnya tanpa henti waoww coba bayangkan mereka bekerja selama 8 jam. sayang sekali kita ga boleh foto proses pelintingannya.

house of sampoerna

the bus of kupret, kita ketinggalan bus ini

seragam drum band

wuih saik!

ngadem di ruang galery, gembel kurang tidur

sebelum kita menuju malang kita makan dulu mamen makanan khas surabaya, namanya Lontong Balap, long rice race kalo kata om gondrong. harganya  7000 rupiah per porsi dan sate kerangnya 1000 rupiah satu tusuknya. lumayan enak menurut gw cma kerangnya agak amis *slurp.

setelah makan kita lanjut ke stasiun gubeng naek angkot seharga 3000. buat nglanjutin perjalanan ke malang via Kereta Panataran, nah tiket kereta ini harganya 4000 saja mengantarkan kita dari sby-malang.

di depan lontong balap
captured by norumi itueratur

turun dari angkot sampai di gubeng
captured by norumi intueratur

st gubeng sesaat sebelum menuju malang

oh iya gw belum kenalin travelmate gw ke pulau sempu ini. travelmate bisa di bilang temen seperjuangan, temen curhat, temen cengcengan ato bisa juga jadi temen sharing cost. kita ke sempu ber 14 terdiri dari gw manusia ter imut di negeri ini, kak anggar.. kapten bekpeker reg jabodetabek, kak herman yang asik dengan kosakata barunya “seg*awon”, kak norumi.. fotografer yg ketinggalan kereta, kak zacky.. penenteng tablet, kak putri yang punya kartu CakCUK, kak kiki si hobi tidur, kak ina. paling sering laper, kak didi yang nampaknya paling pendek di antara kita *piss men*, kak deny.. gondrong besar tp melow juga, dono ehh salah kak arga. katanya sih mirip sama dono *emang mirip*, dimas arek malang.. ngakunya jagoaan tapi di pijit aja nangis dan theo penenteng djarum.

kita turun di stasiun kota baru malang ketika sore beranjak petang. rencana kita bakal langsung meluncur ke penyebrangan di sendang biru. jadi sesampainya di stasiun kita langsung hunting cari charther angkot buat nganter kita ke sendang biru tempat kita menyebrang nanti. setelah casciscus dan obrolan panjang lebar kita deal buat sewa tu angkot  2 hari dengan harga 350 rebu. cukup murah karena kita sharing cost ber 14, di banding ngangkot ngeteng kita bakal kena 50 rebu seorang buat PP nya.

sebelum ke sendang biru kita makan dulu di nasi padang deket stasiun. setelah itu kita belanja dulu di pasar induk kemudian langsung ke sendang biru dengan perjalanan sekitar 2,5 jam an menggunakan angkot chibi chibi ini. oh iya gw ke sendang biru dari malang naek motor nge boncengin dimas bareng om anggar om gondrong sama tante putri. dan naek motor perjalanan di malam hari itu kurang lebih 1,5 jam.

belanja logistik, urusan ibu ibu pkk
captured by norumi intueratur

Sampailah gw di sendang biru duluan stelah mendaki gunung lewati lembah beserta hutan yg cukup mistis. ini gw ga nge hasut ato ngibul, bener bener terjadi rombongan motor berkali kali di sambut dengan hangat oleh beberapa makhluk ptittttt *SENSOR Bimbingan orang tua*. dan gw sendiri berkali kali di sapa di setiap persimpangan. makhluk putih yang menunduk berambut panjang apa itu gw juga ga mau tau..

<skip> akhirnya kita semua udah ngumpul termasuk rombongan yang naek angkot. akibat pengalaman tadi kita agak parno langsung  nyebrang ke pulau sempu tengah malam ini. kita stay dulu di warung untuk sekedar istirahat dan menunggu sinar matahari.

pagi di sendang biru, sesaat sebelum menyebrang

dan pagi indah pun datang. setelah sedikit mengganjal perut dan menyeduh teh gw langsung aja buat surat ijin masuk di polisi hutan kawasan konservasi pulau sempu. bapak polisi yang terhormat banyak omongnya dan omongnya muter muter ita itu ini itu yang intinya biaya administrasi.  gw sodorin uang 50.000 buat kami ber 14 langsung *CEP* heninggg.

setelah itu kita langsung cari kapal buat menyebrang, dan dapatlah kita kapal seharga 100rebu yang bakalan nganterin kita dan jemput ke esokan harinya. dikapal sekitar 15-25 menitan di atas kapal akhirnya kita sampe di teluk semut dan gw bisa menginjakan kaki di pulau sempu. “TOUCHDOWN SEMPU ISLAND, WE ARE HERE !!!” *baca: tocs down sempu ailen, wi ar hier*

berdoa dulu, sesaat sebelum nyebrang
captured by norumi

di atas kapal titanic captured by norumi

mendarat broooooo
captured by norumi intueatur

setelah mendarat eh sory kapal menepi kita langsung tracking dan explore pulau ini. tujuan pertama kita di pantai no 14 entah apa namanya. jadi dari simpang yang kalo turun ke arah segoro anakan kita ke kanan naek. dan setelah menyusri hutan selama satu jam kita mendengar suara ombak, secara reflek kita ikuti suara itu dan apa yang terjadi…

AWESOME !!! gw berjalan di savana yang indah dan setelah menyusuri savana yang indah gw dibawa ke pantai yang        waow ISTIMEWA ! sebuah pantai berpasir putih yg sekilas tak ada jejak manusia di pasirnya.  di kelilingi tebing tebing karang tinggi. pantai yang  Sepi dan sunyi hanya ada suara ombak. gw juga bermain ombak d pantai yang ga ada namanya ini. puas sudah kita mampir dan menikmati pantai ini selama sekitar 1 jam an. setelah puas kita putar arah lagi ke persimpangan tadi untuk menuju ke segoro anakan tempat kita snorkling dan nge camp nanti.

menerjang hutan

savana

pantai pertama ga tau namanya pantai apa

pantai kita broo
captured by norumi intueatur

ku bersiap tuk melompat lebih tinggi

jalan yang kita temui selama perjalanan ke segoro anakan cuma sekedar jalan setapak yang becek parah. jadi kami sedikit terhambat oleh ranjau ranjau becek yang genit. dalam oase keletihan dan perjalanan gw yang masih ber muka imut memutuskan ngikut rombongan belakang, dengan PE-DE nya gw bilang alasan gw ngikut rombongan blakang supaya gw bisa kasi tau jalan, bantu bawain tenda dan jadi tim Sweaper penyisir. padahal gw juga tepar bawa carier segede kulkas 2 pintu, makanya ngikut ngikut belakang buat banyak istrahat.

rombongan belakang merupakan manusia” yang mengaku dirinya tangguh seperti gw, bang anggar, bang herman, om deni, kak theo dan mba ina. oase kebersamaan sangat nampak disini ketika lelah dan dahaga kita masih bisa bercanda bahkan ngakak bareng. salah satu pokok bahasan perjalanan di rombongan belakang adalah penjual ES yang punya nada unik dalam menawarkan dagangannya. ” ESSSSSSSSSS !!! sewu es “.

setelah berjalan sekitar 3 jam dari pantai tak bernama tadi akhirnya tampak juga segoro anakan yang indah. laguna yang waw waw waw ISTIMEWA airnya bergradasi antara biru, biru tua, biru muda, hijau, hijau muda dan bening. sesekali kita juga melihat kawanan ikan yang cantik.

rasanya lega akhirnya gw bisa juga sampai ke sini. sekejab om deny yang notabene berbadan besar gondrong dan garang nyeletuk ketika kita istirahat sejenak di pinggir laguna sebelum sampe camp. begini kira kira “ternyata hidup itu berat ya, jadi pengen nangis”. gw tak banyak berkata kata dan diem seketika. Pukul puk puk om deny *menepuk bahu preman yang mau nangis*

segara anakan

setelah selesai mendirikan tenda, gw langsung menceburkan diri gw dengan indah di laguna segoro anakan. kebetulan gw pinjem alat snorkel punya mba kiki, jadi gw bisa dengan puas menamati kehidupan bawah air segoro anakan. kalo kalian kesini cobalah ber snorkel ke sisi sebelah selatan *kalo ga salah arah* disini gw berenang bareng kawanan ikan kecil yang cantik. sungguh indah ribuan ikan menari nari di sekeliling gw. dan satu lagi coba ke tengah dan liat ke dalam ada terumbu karang disono, beserta anemon anemon laut yang imut. sayang terumbu karang disini nampaknya sudah terganggu kelestariannya oleh tangan” jail.

ketika kalian mau bermalam disini persiapkan matang matang apa yang kalian bawa. seperti tenda, sb, matras, penerangan, jacket, api, logistik dsb. dan yang paling penting adalah air tawar. menurut gw satu orang paling sedikit harus bawa 4 liter air untuk  sehari bermalam dan harus pintar pintar menggunakannya.

pengalaman kita semua siap termasuk logistik makanan yang berlebih. namun stock air tawar kita ambyar  kurang. dan akibat dari itu setelah puas snorkling kita masak menggunakan air asin. masak nasi masak mie instan masak sop  dan semuanya pake air laut . namun itu semua seakan terasa biasa saja ketika kami santap bersama. What a  Great Advanture !!!

gw juga menikmati pemandangan yang ajib di puncak bukit di deket tempat kita nge camp. cukup berbahaya memang untuk sampai ke puncak ini namun di atas semua terbayarkan. kita bisa lihat segoro anakan dari atas yang  nampak indah. gugusan pulau kecil kecil di sekitar pulau sempu, hamparan luas samudra dan eksotisnya sunset. ” Terimakasih Tuhan, begitu indah negeriku ini ”

segoro anakan dari atas bukit

di atas broooo sisi lain

dan petangpun datang.. beberapa kawan mencari ikan di segoro anakan yang surut airnya ketika malam. sebenarnya betapa kaya negeri ini, ikan se siku pun dengan mudah di dapet cuma hanya pakai tombak. setelah kita makan malam *lagi lagi pake air laut* kita bakar hasil tangkapan kita dengan menyalakan api unggun. sebelumnya gw, kak anggar, kak norumi, theo lebih dulu mencari kayu bakar di hutan antah brantah.

sempat kita membuat kopi menggunakan air laut dan yang terjadi rasanya lebih parah dari oralit KW 3. dan kita korbankan 1 botol air mineral asli sisa sisa stock *tidak asin* untuk menemani malam kami yang hangat dengan menyeduh kopi sembari bakar ikan dan jagung.

betapa indahnya malam ini. kami bercerita, berbagi hal yang kita punya, bernyanyi bersama tak perduli suara seorang bekpeker yang paspas an. betapa indahnya kebersamaan. dan disi gw semakin menyadari Walau kebersamaan kita tidak lama, namun faktanya gw sangat sangat menikmatinya ”

Duhai cintaku duhai pujaanku
Datang padaku tetap di sampingku
Kuingin hidupku
Selalu dalam peluknya

Terang saja aku menantinya
Terang saja aku mendambanya
Terang saja aku merindunya
Karena dia…. karena dia…. begitu indah
sedikit penggalan lirik yang kia nyanyikan bersama. padi – begitu indah

cari ikan tuips

hasil tangkapan nih

wuihh

pagi datang kita harus cari air untuk bekal kita tracking pulang nanti. gw, kak anggar, kak norumi, kak zacky dan kak ini di antar kenalan baru yang udah sering ke pulau ini. air yang bakalan kita dapetin ini bukan air tawar tilen namun air payau, jadi rasa sedikit amis masih ada, namun jauh jauh lebih enak air payau dari pada air laut.

kita jalan satu jam dari segoro anakan menuju ke pantai panjang tempat kita ambil air. jalan yang kita leati semakin extreme. track rock climbing singkat pun kita lewati. di perjalanan ini kita lewati beberapa pantai dan tebing yang indah. dalam perjalanan cari air ini gw berdoa kepada Tuhan agar gw ga bertemu harimau kumbang yang  sengaja di konservasikan di pulau ini. hiiii..

perjalanan cari air

pantai panjang, sumpah ini panjang

sumber air payau nya

wuihhh

pada liatin apa ini

setelah kita pulang dari pantai panjang dan kembali ke segoro anakan dengan selamat membawa 10 botol air payau yang dinantikan teman teman. di camp kita udah disiapin sarapan yang istimewa. setelah makan kita bisa minum air payau yang udah di shake oleh bartender jago menggunakan teh dan gula supaya hilang amisnya. done kita packing kembali beresin tenda bersihin camp dan bersiap kembali ke teluk semut. namun sebelum pulang kita foto foto dulu ber latar segoro anakan yang indah.

koplak

gagal terbang

sisa sisa tenaga

tracking pulang kita lebih cepat, mungkin dikarenakan kita udah rindu akan air tawar. dijalan kita juga masih bercanda dan tertawa. kelakuan” aneh muncul d tracking pulang. ada yang makan gula karena kelaparan, jatuh jatuh ga jelas ada juga yang ketawa sendirian.

sekitar satu setengah jam tracking kita udah sampe di teluk semut. bapak pemilik kapal sempat marah pada dimas kak arga dan kak zacky yang datang duluan. betapa tidak janji di jemput jam 11 kita datang jam 13.00, sogok an satu batang rokok jisamsu refil cukup untuk meredam nya. setelah sampai daratan kita makan siang dan langsung kembali ke malang. *belom ada yang mandi*.

di malang kita bersihin badan setelah 3 hari tidak mandi. kenapa harus jijik sama kami? gw yajin Tuhan ga bakalan jijik sama kita karena Tuhan Maha Mengerti. Tuhan mengerti kondisi kami. dan keberuntungan menaungi gw dan temen” ketika gw bisa menikmati porsi jumbo bakso prasmanan khas malang dengan 4rebu rupiah saja.

setelah kenyang dan wangi kita langsung ke termial bus arjosari untuk kembali ke surabaya lagi. kali ini kita menggunakan BUS PATAS AC *harus gede dan capslock* seharga 20rebu. bukan untuk gaya”an tapi ini terpaksa karena kita sudah kemaleman dan telat naek kereta rakyat.

ga lama setelah kita naek bus ini satu persatu manusia gembel pada tumbang termasuk gw. mungkin sudah pada lelah memikul bebanya hidup jadi kita tumbang dan terlelap. karena terbiasa naek yang serba ekonomi gw kaget ketika ga ada 1,5 jam perjalanan gw terkaget kaget bangun tidur karena udah sampe terminal purabuaya surabaya. kita sampe dalam posisi terlelap semua. what a great race malang-sby cuma 1,5jam fufufu..

dan di purabuaya/bangurasih kita udah di jemput anak anak surabaya dan kawan jakarta yg barusan trip ke makasar (kak ramdan, kak dyan, kak coco) oh iya kak tyas sebagai nahkoda mereka. betapa supernya trip kali ini, kami di undang sama keluarganya ukiz (anak surabaya) untuk di jamu makan malam.

makan malam di rumah ukiz kali ini istimewa berbagai hidangan ada disini termasuk rawon yang menggoda *slurp. oh iya ada korsi patah jebol ga karuan gara gara di duduk in mba coco. dan malam terakhir di surabaya ini kami numpang istirahat di tempat kak tyas yang baik hati dan tidak sombong.

jamuan keluarga ukiz, memelihara gembel

this is monday morning, kita terbangun dan langsung bersih bersih badan. rencana kita mau melakukan beberapa trip singkat sebelum pulang.  sebelum berangkat kami di jamu lagi sama keluarganya kak tyas. yang gw inget gw suka banget tahu yang dibikin waktu itu, ga tau gw namanya, mungkin tahu tek kali ya..

okeeeeeeee rencana awal kita bakal ke  monumen Jalasveva Jayamahe. udah sampe di sono tapi kita ga boleh masuk. ijinya ribet sekali. bahkan gw di acungi senjata laras panjang sama bapak tentara. di tambah lagi gw di suruh nuntun kendaraan sampe depan gerbang keringat dingin euyyy. untung gw ga di suru push up ckckck matilah gw. maklum lah disini markas besar TNI AL.

karena ga memungkinkan kita nge trip ke masjid sunan ampel. bukan untuk berziarah atau sholat *karena belum jam solat* kita cuma napak tilas dan foto disini. jadi besok kalo di tanya pengalaman trip sempu ngapain aja? gw bisa jawab dengan lantang “gw juga berwisata rohani”

interior masjid
via kamera bewok

ayo ber infak

ga berakhir disini kita lanjutkan trip ke monumen kapal selam. tapi sebelumnya gw mampir di st gubeng dulu untuk menanyakan tiket pulang. dan apa yang terjadi wartawan mengerumuni gw waktu itu. kenapa gw di kerubuti? tanyakan langsung ke gw, gw nggak mau cerita disini. nanti dikira sombong. oh iya tiket masuk Monumen kapal selam harganya 5000 udah bisa masuk kapal foto” dan bisa nonton film diorama.

monumen kapal selam
jika tua nanti kita tlah hidup masing” ingatlah hari ini -katabewok-kataprojectpop

oh iya karena kmaren di depan Kebun binatang surabaya gw belum sempet foto sama surau dan buaya gara gara lupa g bawa kamera. kali ini gw bisa foto sepuasnya walaupun bukan yang di depan KBS. justru yang disini ada aor mancur di mulut ikanya. spot foto yang menarik berasa kayak di Spore ni *ngimpi*

sip !

merlionnya surabaya

dan gw harus berpisah sama rombongan jakarta “see you again next destination, terima kasih semua”, mereka naek kereta GBM dan gw kak zacky, kak kiki, kak ina telat naek kreta sritanjung.

1001 jalan menuju jogja kita putuskan untuk naek bus. benar benar kita jadi orang yang beruntung kembali, ka tyas mengantarkan kita ke terminal purabuaya dengan mobil nya yang menawan. di tambah lagi gw di bawain bekal sama ibu nya kak tyas, istimewaaaaa.. makasih kak tyas. gw naek bus ekonomi AC seharga 35000 dari surabaya ke kota jogja. 17.15 kita harus pulang, kembali ke habitat masing masing kembali peradaban dan rutinitas seperti biasa. terimakasih buat semuanya.

gw harus bilang Terimakasih atas semua kebersamaan ini, meski tak lama.. nyatanya aku sangat menikmatinya.Terimakasih Tuhan kau berikan aku kesempatan buat melihat sedikit dari keindahan Mu. terimakasih Kau telah berikan aku negeri yang begitu indah.

bye malang, bye surabaya.. see you again

follow  my twitter  @fafauzan

7 thoughts on “Sempu Island, asin pun terasa manis

1. sini dah gw yang komenin..kasian klo ga dikomenin..klo mau ngasih kritik jujur sih..gw agak pusing bacanya coz dalam satu paragraf kebanyakan kalimat..coba ya di pecah2 lagi jadi beberapa paragraf..pasti lebih ciamik..

-uchiha-

• thanks ramdan aka bewok pemilik blog “PADAMU NEGERI”
      iya bener banget apa yang lo bilang. gw sendiri juga agak pusing dan nge fly bacanya kwkwkw.
      thanks masukanya. sangat berguna kedepanya. coba gw benahin deh abis ini. di tunggu wejangan selanjutnya..

2. mantaaappp!!! postingannya bikin rindu surabaya-malang terobati. saya yg arek suroboyo jg blm pernah naik busnya house of sampoerna, apalagi masuk musiumnya :( on schedule pas pulkam ntar!! sempu-nya juga,,, cuman jalan sampe sendangbiru aja. gara2 unpredictable destination sih. mw muter2 malang di saat off kerja malah nyasar ke sendang biru, mw lanjut sempu gk bw perbekalan. planningin backpacker-an ke sana ama suami deh :) oya, naik penataran sempat tolah-toleh lapindo kan?

• hoya hoya adayang suka postingan gw.
      iya sopir housenya lagi dapet kali yaaa wkwkwk.
      sip pulau sempu recomended banget. ayo ayo di coba..
      yup benar di tengah perjaanan lewat lumpur lapindo dari KA panataran. cuma udah kaya tembok cina tinggi kali *hehehe kayak udah perna ke cina aja ni gw

3. Pingback: Catatan Nggembel 2012 | WOAAA !!!